Diposkan pada Musik

Asturias

Aku suka sama lagu ini sejak pertama mendengarnya berpuluh-puluh tahun yang lalu. Enak banget di telingaku. Tapi taukah kalian bahwa lagu ini begitu menyiksa ketika dimainkan dengan gitar? Beneran, bikin pegel jari-jari! Mungkin karena aku amatir banget. Bahkan di bawahnya amatir. 😂 Jari-jariku belum mahir menari ballet. 😂😂😂

Aslinya lagu ini diciptakan oleh Albéniz untuk piano. Isaac Manuel Francisco Albéniz adalah komposer Spanyol yang juga seorang pianis terbaik dalam musik kebangsaan Spanyol. Iya betul… PIANIS! Bukan GITARIS! Tapi entah kenapa lagu-lagunya gampang banget ditranskripsikan untuk dimainkan dengan gitar. Bahkan lebih gilanya lagi, lagu-lagunya lebih enak didengerin bila dimainkan dengan gitar daripada dengan piano. At least bagi aku. 😀 Coba deh dengerin juga Granada, selain Asturias ini.

Untuk yang Asturias, menurutku feel-nya kurang dapat saat dimainkan dengan piano. Terutama bagian yang perlu dimainkan dengan rasgiardo (salah satu teknik menggenjreng di gitar) dan harmonics (teknik memetik yang memberikan kesan suara jadi lebih lembut seperti bunyi harpa). Kesan flamenco-nya juga lebih dapat ketika dimainkan dengan gitar.

Asturias untuk gitar ternyata ada banyak versinya. Dari hasil memelototi permainan beberapa gitaris di YouTube at least aku menemukan 3 versi: versi Andres Segovia, versi Ana Vidovic, dan versi Bolton Guitar Studio. Versi-versi ini sedikit berbeda dengan yang ada di bukuku yang keluaran Yamaha Musik Indonesia.

Karena memainkan lagu ini demikian menyiksa jari-jariku, aku jadi pingin mencampur versi-versi yang ada dengan memilih bagian yang paling tidak menyiksa. 😂

Oh ya, di bawah ini aku sertakan Asturias yang dimainkan dengan piano dan gitar agar kalian bisa membayangkan yang aku ceritakan di atas.

Asturias (Layenda) from Suite Española op.47
Álvaro Garrido (Piano)

.

Asturias
Ana Vidovic (Gitar)

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar