Diposkan pada Musik

Panon Hideung?

[01.12.2019]

Selama ini aku mengira kalau lagu ini bener-bener asli lagu Indonesia. Lagu daerah Sunda kan ya? Pengarangnya Ismail Marzuki.

“Panon hideung
Pipi koneng
Irung mancung
Putri Bandung”

Cuma itu syair yang kuingat. Dan meski nggak bisa bahasa Sunda, taulah aku kalau panon hideung berarti mata hitam.

Tapi kemudian aku dengar lagu ini di videonya Igudesman and Joo. Hwaaa… Langsung aku menduga bahwa ini pasti lagu tradisional juga di suatu daerah di luar negeri.

Ternyata memang benar. Masyarakat internasional mengenal lagu ini dalam judul yang di-Inggris-kan: “Dark Eyes” – kadang ada yang menyebutnya “Black Eyes”. Jelas itu bukan lagu daerah Indonesia yang mendunia.

Ternyata judul asli lagu itu adalah “Ochi Chernye”, yang merupakan lagu tradisional Rusia. Liriknya ditulis oleh penyair Ukraina, Yevhen Hrebinka, sementara musiknya ditulis oleh komposer Jerman, Hermann Florian. Lagu ini kemudian menjadi lagu tentara Rusia.

Bagaimana Ismail Marzuki sampai bisa menggubah Panon Hideung?

Ismail Marzuki menggubahnya pada tahun 1936-1937 ketika beliau dan orkesnya mengisi segmen lagu-lagu Barat pada suatu acara di radio. Banyak lagu Barat yang digubah dan diterjemahkannya, salah satunya “Ochi Chernye” ini. Pada saat itu dia berteman dengan Zarkov, seniman asal Rusia yang tinggal di Bandung.

Selanjutnya, di Indonesia lagu ini dikenal sebagai lagu dari daerah Sunda.

Ada cerita lucu terkait hal ini. Lagu ini pernah diperdengarkan saat Bapak SBY selaku Presiden RI menjamu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Negara pada tanggal 6 September 2007. Saat itu Presiden Putin bertanya bagaimana ceritanya lagu Rusia ini bisa masuk Indonesia, namun Presiden SBY menjawab tidak mengetahuinya.

Kalian tahu jawabannya, kan?

“Dark Eyes” dimainkan oleh orkes Balalaika dari Los Angeles. Balalaika adalah alat musik tradisional Rusia yang mirip gitar namun berbentuk segitiga.

Videonya Igudesman and Joo yang ada “Panon Hideung”-nya:

[HDK]

Referensi:
https://www.kompasiana.com/fitifaldy/55004fe0a333114f75510452/lagu-panon-hideung-sunda-ochi-chernye-rusia

https://m.facebook.com/notes/science-of-universe/sekilas-miss-eulis-panon-hideung/10150533164295150/

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar