Diposkan pada Jalan-jalan, Luar Negeri, Northern Cyprus

Yuk, Ngebolang ke North Cyprus

[28.04.2017]

Mau cerita tentang pengalaman 8 tahun yang lalu boleh kan? Perjalanan ini sebenarnya dilakukan pada bulan April 2009, tapi siapa tau masih bisa menginspirasi untuk pada jalan ke sana.

Dulu ada perasaan sedikit ragu-ragu sih waktu mau ke sana… Tapi foto-foto tentang kota-kota atau tempat -tempat wisata di negara itu benar-benar membuatku jatuh cinta. Indah bangeeeeettt!

Saat itu sempat agak ngeper juga saat tau kalau negara ini meskipun sudah merdeka namun tidak diakui PBB. Yang mengakui kemerdekaannya hanya Turki. Segala macam keperluan dikirim dari Turki, karena mendapatkan embargo internasional. Mereka tergantung pada Turki untuk masalah ekonomi, politik, dan militer.

Mungkin karena di bawah ampuan Turki, nama komplit negara ini menjadi Turkish Republic of Northern Cyprus. Benderanya sama seperti Turki, namun warna putih merahnya dibalik. Negara ini terletak di Pulau Cyprus, bersebelahan dengan Republic of Cyprus. Kalau negara yang disebutkan terakhir ini sih diakui oleh PBB, dan sudah masuk Uni Eropa. Kedua negara ini berbagi ibukota: Nicosia. Nicosia Utara milik North Cyprus, sementara Nicosia (saja) milik Republic of Cyprus.

Setelah mendapati informasi bahwa negara ini cukup tenang dan damai, aku pun pergi ke sana.

Delapan tahun yang lalu, kita nggak perlu visa untuk masuk ke negara ini. Namun kita perlu visa dari negara lain darimana kita masuk: Turki atau Republic of Cyprus. Aku memilih masuk dari Turki. Bagaimana sekarang? Sekarang, negara ini bebas visa untuk warga negara manapun (kecuali Armenia dan Nigeria) untuk kunjungan yang tidak melebihi 90 hari.

Perjalanan memakan waktu sekitar 32 jam, termasuk transit 5 jam di Doha, dan 9 jam di Istanbul. Perbedaan waktu dengan Indonesia bagian Barat adalah 4 jam. Lebih dulu Indonesia.

Bagaimana dengan makanannya? Budaya asli negara ini adalah budaya Yunani, jadi sebagian kulinernya beraroma Yunani. Ada juga pengaruh Timur Tengah, karena sejak tahun 1500-an dibawah kekuasaan Ottoman (Utsmani). Apalagi sejak tahun 1974 diinvasi oleh Turki, maka aroma Turki pun juga menyentuh kulinernya.

Di negara ini banyak penduduk yang beragama Islam. Banyak masjid di sini. Namun berbeda dengan di negara kita, mereka tidak memakai pengeras suara saat adzan. Beberapa kali aku temui, muadzin melantunkan adzan sambil berputar-putar. Dua kalimat ke arah timur, dua kalimat ke arah selatan, dua kalimat ke arah barat, dst. Ini sama juga seperti yang saya lihat di sekitar Maxim Square saat transit di Istanbul.

Saat aku ke North Cyprus, udaranya masih relatif dingin. Saat itu bulan April. Masih Spring kan ya? Sepertinya temperatur berkisar di 15-20°C. Aku ingat, sisa nasi yang kami masak di hari Senin masih terasa enak di hari Rabu. Padahal nggak dimasukkan dalam kulkas! Tapi akhirnya nasinya itu masuk tempat sampah juga, karena kami nggak “kolu” memakannya. Kebayang di Indonesia, pasti baunya sudah sedap sekali! 😀

Oh ya, ada cerita menyedihkan tentang colokan listrik. Colokan di sana pakai 3 kaki dengan voltase 240 volt. Ini membuat aku ragu untuk ngecas HP maupun kamera, takut arus masuknya ketinggian. Biasanya kan cuma 220 volt. Hari kedua di sana HP sudah mati. Sehari menjelang pulang, kamerapun mati. Menyedihkan yah… Untung kompor listrik mini tertulisnya untuk voltase 220-240. Masih bisa dipakai!

Untuk cerita tentang destinasi wisatanya, ada di postingan selanjutnya, berikut foto-fotonya.

BIAYA-BIAYA:
(based-on jaman sekarang lah – 2017… Bukan 8 tahun yang lalu… 😊)

Penerbangan dari Jakarta-Istanbul pp. Rp13jt-an. Lebih murah via Singapura (CGK-Sin pp Rp 450rb-an + Sin-Ist pp Rp 9,1jt-an). –> ngintip di Traveloka.

Penerbangan dari Istanbul ke bandara Ercan (Tymvou, North Cyprus) pp: Rp 6,2jt-an 😱–> ngintip di flyercan.com. Padahal 8 th yang lalu cuma sekitaran 1,75 jt pp loh… Dulu naik Cyprus Turkish Airlines. Flight ke Northern Cyprus susah nyari link-nya…

Mata uang yang bisa dipakai: Turkish Lira (TRY), €, £, dan US$. Tapi toko-toko kecil hanya bisa menerima TRY.

Penginapan di Famagusta atau Nothern Cyprus kalau pesan via booking.com atau agoda.com mulai 285rb-an (rupiah), tapi kebanyakan sih di atas 700rb-an.

Basic lunchtime menu (termasuk minum) di daerah bisnis: €10
Paket kombo di restoran fastfood: €7

Transportasi umum: bus (http://www.northcyprusonline.com/North-Cyprus-Online-Travelling-Bus-Services.php), taksi.

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar