Diposkan pada Jalan-jalan, Luar Negeri, Northern Cyprus

Nicosia

[28.04.2017]

Perjalanan dari Kyrenia ke Nicosia adalah sekitar 30 menit dengan menggunakan bus.

Nicosia adalah ibukota dari dua negara: Republic of Cyprus dan Turkish Republic of Nothern Cyprus. Nicosia Utara milik North Cyprus,  sementara Nicosia (saja) milik Republic of Cyprus.

fb_img_1547506941429

1. Tugu Venesia di Attaturk Square

Tugu ini terbuat dari pilar granit. Didirikan oleh Venesia pada tahun 1550. Dulunya digunakan untuk menyangga patung singa St. Mark. Sempat dipindahkan saat pemerintahan Ottoman,  namun dikembalikan lagi oleh kolonial Inggris ke tempat semula pada tahun 1915.

2-5. Ottoman Big Inn (Büyük Han)

Bangunan ini dibuat pada abad ke-16, pada masa kekuasaan Ottoman. Letaknya dekat dengan ‘green line’ alias perbatasan antara Nicosia Utara dengan Nicosia milik Republic of Cyprus. Bangunan bertingkat dua ini dibuat sebagai penginapan untuk pedagang keliling. Tingkat atas difungsikan sebagai penginapan,  tingkat bawah untuk perdagangan. Bangunan ini bentuknya seperti benteng persegi empat, dengan kubah di tengah lapangannya yang difungsikan sebagai masjid. Di dekat kubah ini ada air mancur untuk berwudhu.

Pada masa kolonial Inggris (sekitar tahun 1700-an),  bangunan ini sempat dijadikan penjara. Bangunan ini pernah juga disewakan dengan harga murah pada para pengungsi sekitar pertengahan tahun 1900-an.

Setelah selesai direstorasi pada tahun 2002, bangunan ini difungsikan sebagai Art Center.  Sebanyak 68 ruangan disewakan sebagai gallery dan workshop, cafe-cafe dan restoran,  serta toko-toko cindera mata.  Berbagai pertunjukan sering diadakan di sini: pementasan drama,  pementasan tari,  resital piano, bahkan pesta pernikahan.

Oh ya,  makanan di sini enak sekali lho…

6. Cindera mata

Cindera mata dari North Cyprus kebanyakan menampilkan peta pulau Cyprus (dalam bahasa lokal disebut Kibris), bisa berupa keramik,  cawan,  tempelan kulkas,  dll.  Sama seperti di Turki,  Evil Eye (Nazar Boncugu) juga banyak ditemui di Cyprus. Lambang ini dipercaya bisa mengusir roh jahat.  Kita bisa menemui Evil Eye dimana-mana.  Di rumah-rumah penduduk,  pintu-pintu hotel,  pintu masuk bis, spion dalam mobil (digantung),  dsb.  Sebagai cindera mata,  Evil Eye dijual dalam bentuk kalung,  gelang,  bandul kalung,  karpet mini, pembatas buku,  gantungan kunci,  dsb. Cindera mata yang lain tentu saja kartu pos yang menampilkan keindahan-keindahan North Cyprus.

Dari Nicosia,  kalau mau balik lagi ke Famagusta perjalanannya sekitar 1 jam.

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar