Diposkan pada Jalan-jalan, Luar Negeri, Northern Cyprus

Kyrenia

[28.04.2017]

Dari Famagusta ke Kyrenia bisa naik bus,  lamanya sekitar 1.5 jam.  Dari stasiun bus Kyrenia, kita masih perlu jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke Kyrenia Harbour.

fb_img_1547506118461

1. Kyrenia Harbour

Pelabuhannya indah sekaliiii… Di sekitarnya adalah perairan yang biru. Juga restoran -restoran dengan meja kursi di luar.

Pada masa jayanya dulu, pelabuhan ini dilengkapi dengan gudang-gudang untuk menyimpan sayur atau buah sementara menunggu ekspor.

Turut melengkapi adalah pemandangan Kyrenia Castle di ujung timur yang wow banget…

2-4. Kyrenia Castle

Kyrenia Castle ada di timur Kyrenia Harbour.  Tinggal jalan dikit aja.

Tentang Kyrenia Castle,  kastil ini didirikan pada abad ke-7 untuk melindungi kota dari ancaman tentara maritim Arab. Awalnya kastilnya kecil  namun kemudian diperbesar pada tahun 1200-an oleh John d’Ibelin.  Pada tahun 1570, kastil ini jatuh dalam kekuasaan Ottoman (Utsmani).  Karena itu tidaklah heran,  dalam kastil ini terdapat nisan Admiral Ottoman Sadik Pasha (Foto 4).

Di dalam kastil ini juga terdapat Shipwreck Museum yang menyimpan kapal dagang Yunani yang karam pada abad 4 SM.  Salah satu bagian dari kapal ini bisa dilihat pada Foto 3.

5-6. Keren sekali ya pemandangan dari puncak Kyrenia Castle ini… Kita bisa melihat pelabuhan,  rumah-rumah penduduk, juga pemandangan laut.  Indah bangeeet…

Untuk masuk ke Kyrenia Castle,  tiketnya sekitar TRY 12.

Btw , itu foto saat masih muda. Sepuluh tahun yang lalu! Tapi infonya di-apdet pada tahun 2017. Sekarang mungkin sudah berubah harga .

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar