Diposkan pada Jalan-jalan, Luar Negeri, Northern Cyprus

Famagusta

[28.04.2017]

Kita bisa naik bus atau taksi untuk menuju ke Famagusta dari Bandara Ercan.  Perjalanannya memakan waktu sekitar 45 menit. Berikut ini foto-foto yang diambil di Famagusta pada tahun 2009.

fb_img_1547505682505

1. Perahunya lucu ya, tapi…

Famagusta sempat terpuruk oleh peristiwa 1974, pada saat Turki melakukan invasi ke North Cyprus. Beberapa daerah ditutup selama berpuluh-puluh tahun, dan dijaga oleh tentara. Pada foto 1, daerah di sebelah kanan gedung itu (di sebelah kiri foto tapi tidak kelihatan) adalah daerah terlarang. Kita tidak boleh menengok lama-lama ke daerah itu, apalagi memotretnya. Sekilas melihat ke arah gedung bertingkat itu, terlihat seorang tentara berdiri di atas gedung itu, memperhatikan kami. Dia membawa senapan berlaras panjang. Ah… mudah-mudahan itu hanya imajinasi saya saja. Kan saya hanya melihatnya sekilas banget.

Oh ya, laut di Famagusta tenang sekali lho… Nyaris tanpa ombak! Andai tidak dingin airnya,  tentu asik berenang di sini…

Foto – foto berikutnya berlokasi dalam satu kompleks:

2. Historic Medrese of Famagusta

Medrese (=madrasah)  adalah sekolah yang berhubungan dengan masjid.  Medrese ini terletak di samping masjid Lala Mustafa Pasha. Medrese ini dibangun dengan batu granit,  sekitar tahun 1700-an. Cirinya lekat dengan arsitektur Ottoman,  yang merupakan ciri dari bangunan-bangunan di Turki juga.

Medrese ini tidak lagi dimanfaatkan sesuai fungsi aslinya, sekarang sebagai restoran.

3. Katedral St.  Nicholas ini dibuat pada abad ke-14 yang kemudian menjadi masjid Lala Mustafa Pasha pada tahun 1571, saat Famagusta -yang terkenal sebagai salah satu kota terkaya di dunia- jatuh dalam kekuasaan Ottoman.

4. Di depan gerbang Namik Kemal Dungeon

Namik Kemal Dungeon aslinya merupakan bagian dari Venetian Palace. Bangunan ini dulu pernah menjadi tempat tahanan bagi penulis Turki terkenal,  Namik Kemal,  pada tahun 1873-1876. Namik Kemal ditahan karena dianggap revolusioner dan mengancam Sultan Abdülaziz.

Saat ini bangunan ini digunakan sebagai museum yang menyimpan dan memamerkan barang-barang Namik Kemal serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan karyanya.

5-6. Puing-puing Venetian Royal Palace

Puing-puing ini terletak di seberang Katedral St. Nicholas/Masjid Lala Mustafa Pasha.

Saat dibangun pertama kali pada abad ke-13, bangunan ini dikenal sebagai Lusignan Royal Palace. Venetian Royal Palace dibangun di atas reruntuhan Lusignan Royal Palace sekitar tahun 1550.

Terawat sekali ya puing-puingnya…

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar