Diposkan pada Sains

Gerhana Bulan Penumbra

[23.03.2016]

Pengen banget liat gerhana, tapi gerimis nggak pergi-pergi… Padahal puncaknya sebentar lagi: 18.47 WIB. Biasanya yang kulihat itu gerhana bulan umbra. Yang ini penumbra. Pengen ngeliat sendiri bedanya seperti apa antara gerhana bulan umbra, penumbra, dan bulan purnama biasa. Tentu sebenarnya ini sudah sering terjadi sepanjang hidupku, tapi aku tidak memperhatikan karena memang nggak banyak diberitakan pada saat itu.

Dari situs Kafe Astronomi (http://kafeastronomi.com/gerhana-bulan-penumbra-23-maret-2016.html), ini penjelasan tentang gerhana bulan penumbra:


Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika Bulan sebagai satelit alam yang mengelilingi Bumi melintas di wilayah bayangan gelap Bumi tepatnya di wilayah bayangan gelap kabur atau penumbra. Saat peristiwa gerhana Bulan penumbra terjadi, Bulan seolah tidak mengalami gerhana dan tetap bersinar seperti biasanya. Namun jika kita amati secara detail dengan menggunakan teleskop maka akan tampak wilayah permukaan yang sedikit gelap. Hal tersebut dapat anda potret menggunakan kamera kemudian hasil pemotretan di bandingkan dengan Bulan saat mencapai purnama. Akan terdapat perbedaan bahwa saat puncak gerhana Bulan penumbra piringan Bulan akan sedikit lebih redup dari pada piringan Bulan saat Bulan Purnama.

Menarik, bukan?

[HDK]

Ilustrasi untuk penjelasan di atas kudapat dari sini: http://www.conservationinstitute.org/2016-lunar-eclipse/

Penulis:

Seorang perempuan yang sangat biasa-biasa saja yang suka menulis, kalau lagi pengen.

Tinggalkan komentar