Diposkan pada Jalan-jalan, Luar Negeri, Singapura

Travelschooling

[05.08.2015]

Memang apa yang kami lakukan kemarin itu berlabel “jalan-jalan”. Tapi tentu ada banyak hal yang bisa Amas dan Ade pelajari dari situ. Dalam bahasa kerennya, mereka belajar dengan metode experiential learning.

Apa saja yang bisa dipelajari? Banyak! Dari berbagai proses yang dilalui sejak pemberangkatan: boarding, imigrasi, dsb, sampai pulang kembali ke Jogja. Bagaimana nyamannya bandara Changi, lumayannya bandara Senai, dan nggak siapnya bandara Adi Sucipto sebagai bandara internasional. Amas sempat juga ngomel-ngomel pas ngantri pemeriksaan imigrasi saat balik di Jogja, “Mengapa sih harus diperiksa lagi, bukankah kita kembali ke negara sendiri?”

Lanjutkan membaca “Travelschooling”

Diposkan pada Jalan-jalan, Luar Negeri, Malaysia ., Singapura

Another Silly Story

[03.08.2015]

Ada cerita konyol di negeri seberang sana. Dan ini sekali lagi berhubungan dengan Google Map.

Ini terjadi saat kami menyeberang dari Singapura ke Johor Bahru. Dan berhubungan dengan kejadian sebelumnya: ngantri di imigrasi di Woodland Checkpoint yang lamaaaaa banget.

Sebelumnya tentu aku sudah mengobrak-abrik seisi internet tentang pengalaman menyeberang ini, dan didapatkan data: penyeberangan bisa memakan waktu 1-2 jam termasuk ngantri di imigrasi itu. Namun sungguh tak terbayangkan sebelumnya betapa lamanya proses mengantri ini. Apalagi bertepatan dengan awal weekend, Jumat malam.

Lanjutkan membaca “Another Silly Story”